Oleh: bloggerlumajang | November 12, 2008

Agustinus Wibowo, Marco Polo generasi baru dari Lereng Semeru – Karena Hidup Adalah Sebuah Perjalanan



HIDUP ini adalah sebuah perjalanan. Kita tidak tahu kapan perjalanan hidup kita akan selesai. Ada banyak kehidupan lain di luar sana dan ada banyak kebajikan yang kita tidak pernah tahu sebelumnya, Perjalanan mengajarkan saya tentang warna-wani hidup, ragam budaya dan manusia. Perjalanan ini juga memaparkan pada saya bahwa dunia tidak seindah yang kita impikan. Hidup ini cantik sekaligus buruk rupa, bahagia sekaligus muram, berwarna sekaligus kelabu. Saya belajar untuk tidak mengeluh dan belajar untuk selalu bersyukur atas segala hal yang saya terima setiap hari.

Itulah kata bijak dari seorang Agustinus Wibowo, backpacker muda asal kota lumajang yang telah menempuh perjalanan tanpa jeda menjelajahi asia bagian dari cita-cita besarnya menjelajahi dunia.

Perjalanan Agus dimulai dari Stasiun Kereta Api Beijing China pada tanggal 31 Juli 2005. Perjalanan darat lintas benua asia dilakukannya dengan menggunakan berbagai alat transportasi mulai dari bus, kereta api, hingga keledai dan kuda. Ia melintasi negara-negara China, Nepal, India, Pakistan, Afghanistan, Iran, Tajikistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Saat ini ia sedang berada di Afghanistan, sedang bekerja untuk mendanai perjalanan berikutnya menjelajahi Iran, Azerbaijan, dan Armenia.


Disela-sela perjalanannya di Afganistan agus masih menyempatkan membalas e-mail dari saya :

Re: [My Journey] New comment on “Travel U-Mag – Tulip Merah di Hari Biru”

Selasa, 11 November, 2008 02:51

Dari:

“Agustinus Wibowo”

Kepada:

fath_media@yahoo.co.id

b2evo@avgustin.net wrote :

Terima kasih banyak mas badrut untuk emailnya. saya merasa tersanjung dan terhormat sekali bila mas berkenan menampilkan profil saya di blog mas. saat ini saya masih berada di kabul, afghanistan. saya sudah sempat mampir ke blog mas, senang sekali mendengar berita dari kampung halaman.


salam hangat dari kabul

agustinus



Backpacker sejati

Agus adalah potret nyata seorang backpacker sejati. Catatan petualangannya mengingatkan kita kepada sosok Marco Polo legenda pengembara dari negeri venesia. Perjalanannya memberi inspirasi bagi banyak orang yang mau belajar tentang kehidupan nyata yang senantiasa berhembus seperti angin dan mengalir laksana air.

Cita-cita Agus berikutnya adalah mencapai Afrika Selatan dengan menempuh perjalanan darat, kalau memungkinkan seratus persen, melintasi Kaukasus, Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika Barat,” ucapnya.

Di pelosok bumi sana, ada negeri-negeri yang hampir tak pernah kita dengar. Abkhazia, Transdniestr, Ossetia, Nagorno Karabakh. Negara-negara itulah yang menjadi obsesinya. “Bahkan di negeri-negeri terpencil dan terbelakang seperti lekukan gunung Afghanistan dan padang pasir Pakistan, ada kebijaksanaan maha tinggi yang bisa dikisahkan orang-orang dari pedalaman yang terlupakan dunia,” tambah dia lagi.

Sampai kapan perjalanan ini akan terus berlangsung? “Tidak tahu. Saya tidak memberi batas waktu, dan biarlah perjalanan ini mengalir begitu saja, ungkap agus.

Marco Polo generasi baru dari lereng semeru

Satu lagi hal yang membanggakan hingga saya merasa terpanggil untuk menuliskan profilnya di blog ini adalah karena agus tidak lain adalah seorang backpacer asal Lumajang, saya menyebutnya “seorang marcopolo generasi baru dari lereng semeru”.

Agustinus Wibowo lahir di Lumajang, Jawa Timur, tahun 1981 sebagai putra pertama pasangan Chandra Wibowo dan Widyawati. Lulus dari SMU 2 Lumajang ia melanjutkan kuliah di Jurusan Informatika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Hanya satu semester ia di ITS, sebelum memutuskan pindah kuliah ke Fakultas Komputer Universitas Tshinghua, Beijing, universitas paling ternama di daratan Tiongkok.

Sejak kecil ia sudah menyimpan harapan untuk berkelana ke negeri-negeri jauh. Waktu SD gurunya pernah bertanya tentang cita-citanya. Dengan polos dia menjawab ingin jadi turis. Gurunya bilang kalau turis itu bukan pekerjaan, bukan cita-cita. Tapi, Agus terus menyimpan mimpi masa kecilnya itu.

Di Lumajang ia tumbuh sebagai anak rumahan, lebih senang menghabiskan waktunya di kamar membaca buku. Jika harus keluar rumah ia memanggil becak. Dulu saya ini malas banget jalan siang-siang, panas. Bahkan, untuk pergi 400 meter saja saya pasti naik becak, aku dia.

Semua itu telah berubah. Ia telah mewujudkan mimpinya menjadi seorang ”turis” Anak manis yang m
alas bertemu panas matahari telah menjadi anak kehidupan yang tidur berselimut debu jalanan. Saya berubah dari seorang kutu buku tidak berguna menjadi seorang musafir yang tahan banting.

karena perjalanannya telah menguasai bahasa Hindi, Urdu, Farsi, Rusia, Tajik, Kirghiz, Uzbek, Turki, dan sekarang dalam proses menguasai bahasa Arab, Armenia, dan Georgia. Selain itu, ia fasih bahasa Inggris, Mandarin, Indonesia dan tentu saja bahasa Jawa karena dia arek lumajang asli.

Hidup adalah sebuah perjalanan dan agus ingin membagi catatan dan pengalaman perjalanannya kepada kita semua dengan mengakses menu journey pada websitenya http://avgustin.net/

Akhirnya dari Lumajang saya mengiringkan do’a : semoga catatan perjalanan saudara kita Agus bisa menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kita semua yang mau menyerap hikmah dan menimba pelajaran dari setiap denyut nadi kehidupan.

(Ditulis oleh Badrut Tamam Gaffas)

Sumber : http://avgustin.net/, http://www.kompas.com


Responses

  1. enak benar ya jadi seperti agus bisa keliling sepertinya refreshing terus setiap hari, lupakan suasana susah dan prihatin di negeri sendiri

  2. saya yakin kisah Agus akan menginspirasi banyak pemuda Indonesia untuk mewujudkan mimpi-mimpinya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: