Oleh: bloggerlumajang | April 5, 2009

5 Catatan untuk Si Newbie Sebelum Berbisnis Internet

5 catatan untuk si newbie sebelum berbisnis internetTidak semua orang yang terjun di bisnis internet bisa mengecap kesuksesan. Kenapa? Alasannya bukan masalah takdir atau karena mereka tidak berjodoh dengan internet.

Begini, bisnis internet memang bisnis masa depan. Bisnis yang sangat menggiurkan. Berbagai kemudahan dalam bekerja ada di sini. Semua orang bisa jadi bos. Dan, tidak perlu banyak modal. Cukup komputer dan akses internet. Pun, penghematan besar-besaran bisa terwujud di sini. Ya, karena anda tidak perlu kantor, artinya tak ada biaya sewa kantor dan ongkos transport ke kantor. Kantornya bisa di rumah anda sendiri. Bahkan di kamar tidur anda!

Selain itu, anda akan memiliki banyak waktu bersama keluarga. Karena anda ada di sisi anak-anak seharian. Sambil bekerja anda bisa mengawasi perkembangan mereka. Menyenangkan bukan? Terutama bagi para ibu. Bisnis internet seperti menjawab masalah wanita karir yang dituntut pandai membagi waktu antara kepentingan pekerjaan dan keluarga.

Tapi, justru di sinilah letak pangkal masalahnya. Mereka yang gagal sering terlena dengan kemudahan bisnis internet. Tak ada jadwal kerja yang teratur. Dan parahnya saat-saat bekerja terganggu oleh kepentingan-kepentingan keluarga. Atau bahkan pekerjaan anda terpangkas habis oleh kesibukan menekuni hobi.

Kalau sudah demikian, bagaimana kita tidak gagal? Selain itu, biasanya orang sulit menyesuaikan diri dengan irama kerja pebisnis internet. Terlebih, mereka yang akrab dengan suasana kantoran, pasti ada perasaan mentok saat ia harus bekerja secara individu.

Nah, bagi anda para newbie atau pendatang baru, kiranya perlu menimbang beberapa hal sebelum serius terjun di binis internet. Terutama bagi anda yang masih berkecimpung di bisnis offline atau mungkin masih bekerja sebagai karyawan kantor. Bisnis internet bisa jadi pilihan masa depan paling tepat untuk anda.

Ok… sekarang coba telisik satu demi satu hal-hal di bawah ini. jika semua poin ini bisa anda taklukkan, anda tidak perlu ragu terjun bersama saya di bisnis internet!

1. Sadari kepribadian anda.
Apa anda suka menyendiri? Atau anda suka bekerja dalam tim dan bertemu dengan berbagai jenis orang yang berbeda? Apakah anda bisa bekerja di bawah tekanan deadline yang anda buat sendiri? Pastikan jawaban anda jujur sejujurnya.
Dalam bisnis internet, anda sang pemilik bisnis. Anda adalah bos bagi diri anda sendiri. Karena itu, kemauan anda untuk sukses sangat menentukan nasib bisnis anda. Jangan sampai, saat anda sudah terjun di sini, anda menyesal dan merasa bosan karena sebagian besar waktu kerja anda akan berhadapan dengan layar komputer.

Selain itu, di sini anda dituntut untuk patuh terhadap deadline yang anda tentukan sendiri. Tak ada alasan untuk melanggar deadline kerja. Kalau anda adalah tipe orang yang suka molor dalam bekerja, berhati-hatilah. Kegagalan membayangi bisnis anda, kecuali anda bisa mengubah kepribadian anda. Dan pastikan anda siap dengan semua kondisi yang akan anda hadapi di depan.

2. Tetapkan tujuan.
Anda harus punya ancang-ancang. Apa yang harus saya keluarkan untuk membiayai bisnis ini? Keuntungan apa saja yang akan saya peroleh di sini? Berapa besar uang yang kira-kira bisa mengalir ke kantong saya? Artinya anda harus selalu bersiap-siap. Apapun yang terjadi dalam bisnis anda, anda harus sudah punya perhiyungaannya. Agar, anda bisa tetap menjaga motivasi anda. Dan, anda tidak akan pernah mengalami kerugian, baik waktu maupun uang. Karena itu, tentukan target anda sekarang!

3. Riset dan Tanya ke ahlinya.
Adakah model bisnis yang menjadi perhatian anda saat ini dan anda ingin bergabung di dalamnya? Hati-hati. Mungkin anda sekarang tertarik dengan affiliate program atau program reseller. Jangan asal bergabung. Tanyakan dulu pada mereka yang sudah menjadi pakar affiliate marketer. Apa saja yang perlu anda tahu soal affiliate program? Bagaimana model bisnis ini menghasilkan uang untuk anda? dan hal-hal apa yang tidak boleh anda lakukan di sini? Atau bahkan, pelajari dulu affiliate program mana saja yang memang aman dan menguntungkan?

4. Prediksi.
Berbisnis berarti anda harus bisa meramal. Maksudnya bukan meramal dengan kartu atau pergi ke dukun. Tapi, begini…setiap kali memulai bisnis anda harus mampu melihat, apakah keuntungan dari bisnis itu bisa memenuhi keuangan anda? Apakah kebutuhan keluarga anda bisa tercukupi dari sini? Jika apa yang anda mau bisa tercukupi dari bisnis ini, jangan ragu lagi! Segera action!

5. Enjoylah.
Salah satu kunci keberhasilan berbisnis adalah motivasi. Dan, motivasi itu bisa ditumbuhkan selama kita bisa menikmati pekerjaan. Ya, kalau anda mencintai pekerjaan anda, anda akan selalu punya semangat dan dorongan untuk terus bekerja lebih giat dan lebih giat lagi! Betul begitu? Nah, saya harap sebelum anda terjun di bisnis internet, anda harus sudah paham dengan apa yang akan anda hadapi di sini. So, selama anda bisa enjoy, anda pasti bisa meraih kesuksesan! Percayalah!

Ok… bagaimana? Anda siap lepas landas berbisnis internet? Saran saya, meski ada pebisnis yang kurang beruntung, anda tak perlu ragu. Asal anda bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif, pandai mengatur jam kerja, mengatur target dan mampu mematuhi deadline yang anda buat sendiri, saya yakin, sangat yakin bahkan anda bisa menuai sukses! Bisnis internet akan menjadi pekerjaan paling menyenangkan dalam sejarah hidup anda. So, salam ACTION!

Sumber : Joko Susilo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: