Oleh: bloggerlumajang | Juni 2, 2009

Kunjungan dan Evaluasi Program dari Tim Depdagri

Tim Konsultan Program dari Depdagri akhirnya berkesempatan singgah di YPKGM Lumajang, dalam kunjungannya selama Dua hari 20 – 21 Mei 2009 tim dari depdagri didampingi oleh konsultan program VECO Indonesia Bapak IG Suarja menjadwalkan beberapa kegiatan konsultasi dan evaluasi. Konsultasi dilaksanakan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Lumajang dan dengan internal lembaga YPKGM, terkait dengan hal ini VECO Indonesia telah memfasilitasi MOU lembaga mitranya dengan Depgadri melalui DPM termasuk YPKGM.


Pada hari pertama, selain kegiatan konsultasi tim depdagri juga melakukan evaluasi program dengan kunjungan lapangan ke beberapa tempat maupun kelompok dampingan YPKGM diantaranya kunjungan ke Pusat Pelatihan Pasca Panen di Tulungrejo (P. Sayudi), kunjungan ke kelompok mitra mandiri kunal dan kelompok tani muda (KTM) Ngampo.


Pada malam harinya Tim depdagri dan Pak Suarja dengan didampingi oleh Direktur YPKGM, P. Hendro Iswahyudi berkesempatan menyaksikan kesenian Campursari yang ditampilkan oleh Grup Patrendah Laras Wening Asuhan Bapak Soeprajitno yang juga sesepuh YPKGM.
Setelah hampir dua jam rombongan undur diri untuk mempersiapkan kunjungan lapang keesokan harinya ke kelompok Pusung Kejen dan Kelompok P. Naryo.


Pada hari kedua tim berkesempatan mengunjungi Pusung Kejen yang kedepan nanti diproyeksikan oleh YPKGM sebagai Kawasan Wisata Pertanian Berkelanjutan Lereng Semeru, selain melihat dari dekat kebun kopi organik serta berdialog dengan beberapa petani anggota kelompok pusung kejen. Tim evaluator juga melihat dari dekat Mata air suci Watu Klosot, panorama indah kebun organik berlatarkan Gunung Semeru, gaduh kambing serta potensi hijauan makanan ternak, Kesemuanya mengungkapkan hal yang senada yakni harapan dan kekagumannya akan potensi dan keindahan alam Lereng Semeru.

Dari Kiri Kekanan : IG Suarja, Soeprajitno, Agus, Hendro Iswahyudi
Mulyojoyo, Wilhum, Nunung, P. Naryo, Gatot, Imam, Johan AS



Tinggalkan komentar

Kategori