Oleh: bloggerlumajang | Agustus 2, 2009

Inilah 10 Kunci Iklan Sukses yang Perlu Anda Perhatikan Serius

Sebuah iklan dikatakan berhasil jika mencapai tujuannya. Soal tujuan tidak selalu hanya untuk meningkatkan penjualan, bisa agar awareness pembeli meningkat, atau demi meningkatkan citra produk. Oleh karena itu, penting bagi sebuah iklan, untuk memiliki pesan yang fokus. Tanpa itu, yang bisa terjadi adalah tidak jelas atau kaburnya pesan yang hendak disampaikan.

Kesepuluh kunci iklan terpenting di bawah ini perlu selalu anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan online.

  1. Headline. Headline merupakan salah satu titik iklan terpenting. Headline yang kuat dan mampu menarik perhatian orang yang melihatnya sangat menentukan keberhasilan sebuah iklan. Bahkan sebuah riset menyebut peranan headline bisa mencapai 75 persen sebagai faktor sukses sebuah iklan.
    Bagaimana headline yang baik? Headline bisa menekankan pada keunggulan produk atau bisa dengan memancing keingintahuan calon pembeli.
  2. Penawaran yang Dahsyat. Kunci berikut iklan efektif adalah adanya penawaran yang dahsyat. Misal, anda memberikan potongan harga 75% bagi 500 pembeli pertama. Dan, bukan cuma itu saja. Anda pun memberikan bonus-bonus menarik untuk mereka yang memesan produk pada 10 jam pertama sejak produk dilaunching.
  3. Tekankan Keunggulan Anda. Kenapa pembeli harus membeli produk dari anda dan bukan dari produk kompetitor anda? Itu pertanyaan kuncinya. Oleh karena itu penting untuk menekankan keunggulan yang anda miliki. Sebagai contoh misal anda mampu melayani dengan lebih cepat serta jaringan yang terbesar.
  4. Buat Menyerupai Konten. Rata-rata orang lebih suka membaca konten daripada harus mengklik sebuah iklan. Untuk itu kita bisa mengatasinya dengan membuat review sebuah produk. Selain review, kita bisa sesuaikan dengan membuat banner yang menyerupai tampilan konten.
  5. Sampaikan Keuntungan Konsumen. Ingat selalu untuk menyampaikan keuntungan yang diperoleh prospek jika membeli produk anda. Soal keuntungan, kuncinya sederhana. Orang selalu berusaha mendapatkan kesenangan dan menghindari kesakitan, menyukai keuntungan dan membenci kerugian. Eksplorasi itu dalam iklan anda.
  6. Call to ACTION
    Di internet, orang suka untuk dituntun. Jangan lupa untuk membubuhkan kalimat call to action (CTA) di setiap penawaran anda. Seperti kalimat “klik di sini”, “gabung sekarang”, atau “buka link ini”. Kalimat CTA harus jelas agar orang langsung paham apa yang harus dilakukan.
  7. Hilangkan Resiko
    Semua orang akan berpikir lebih panjang sebelum melakukan pembelian atau perintah apapun dalam pesan iklan anda bila masih ada resiko. Minimalkan atau bahkan hilangkan resiko itu. Bagaimana caranya? Ada tiga. Berikan garansi, tampilkan testimonial serta tunjukkan data dan fakta. Ketiganya selain membuat resiko yang dipandang calon pembeli mengecil, juga akan meningkatkan kredibilitas anda.
  8. Kepepet
    Secara umum manusia cenderung malas atau suka menunda pekerjaan. Tidak jarang ketika kepepet baru melakukannya. Untuk mengatasinya anda bisa buat situasi kepepet dalam iklan anda. Seperti misalnya memberikan batas waktu atau membatasi jumlah pembeli produk anda. Sebagai contoh misal anda bisa katakan ”penawaran ini hanya untuk 25 orang saja”. Pasti mereka akan berebut untuk segera mendapatkan produk anda.
  9. Buat Mudah
    Sedikit saja prospek merasa ada kesulitan untuk memesan produk anda, bisa saja mereka membatalkan pemesanan. Buka semua jalur pemesanan untuk mempermudah prospek dalam memesan. Jangan hanya lewat email, gunakan juga telpon atau SMS. Hampir semua orang sekarang memiliki handphone dan mungkin merasa lebih mudah untuk menekan tombol handphone daripada keyboard komputer. Dalam iklan, anda bisa masukkan nomer telepon anda.
  10. Tampilkan Gambar yang Menyedot Perhatian
    Di banner khususnya, anda bisa tampilkan gambar yang memikat untuk menyedot perhatian pengunjung. Gambar yang menarik tentu akan lebih mudah untuk diklik.

Ada tiga tips tambahan khusus dalam membuat banner. Pertama, gambar yang menarik, headline yang memikat, dan kalimat call to action yang menghentak. Gambar yang pertama kali berfungsi menarik perhatian, kemudian headline yang akan menambah ketertarikan mereka, serta kalimat call to action yang membuat mereka mengklik. Namun dalam pemilihan gambar jangan sampai kemudian mengalahkan pesan utama iklan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam beriklan. Selalu tes dan ukur hasilnya. Bila belum berhasil, lihat kembali iklan anda. Perbaiki dan jangan ragu untuk memindah tempat beriklan. Penting juga untuk membuat beberapa variasi iklan dengan mengkombinasikan beberapa kunci iklan sukses di atas.

Salam ACTION!

Itu dulu yang saya sampaikan. Untuk kelima kunci iklan sukses berikutnya saya lanjutkan di posting selanjutnya.

Bagaimana komentar anda ?

Sumber : JokoSusilo.Com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: